Jumat, 25 Oktober 2013

Profil GS4 Woodcraft

GS4 WOODCRAFT


PROFIL PENGUSAHA DAN PERUSAHAAN

GS4 Woodcraft yang beralamat di Jalan Gondosuli no. 4 Malang merupakan salah satu perusahaan kerajinan kayu yang didirikan pada tahun 1992 oleh pasangan bapak Hery Budiyanto dan Retno Hastuti yang mempunyai latarbelakang pendidikan berbeda namun saling melengkapi, Pak Hery yang lulusan S1 dan S2 dari Arsitektur ITB serta S3 Urban & Regional Planning dari Universiti Teknologi Malaysia, selain perajin juga dosen Arstektur Universitas Merdeka Malang dan bu Retno lulusan S1 Administrasi Niaga Universitas Brawijaya, keduanya bisa memadukan antara desain, manajemen dan marketing sehingga usaha GS4 dapat berkembang. Usaha GS4 bermula tahun 1992 dari memanfaatkan limbah pabrik furniture menjadi produk-produk aksesori dan souvenir kayu. Modal awalnya adalah tekad dan hobi membuat desain sehingga terwujud produk-produk aksesori rumah sederhana namun estetis. Dalam perkembangannya ternyata produk awal GS4 tersebut mempuyai banyak peminat yang kemudian menjadi pelanggan sehingga bahan baku tidak mencukupi lagi apabila tetap menggunakan kayu limbah dan mengharuskannya memakai kayu glondongan, sehingga sampai saat ini bahan utama pembuatan produk GS4 menggunakan kayu pinus yang berasal dari Perhutani. Produk yang dihasikan dibagi dalam 3 kelompok, yaitu: aksesori rumah, souvenir, dan produk untuk anak, Inovasi dan kreativitas desain selalu dilakukan agar pelanggan selalu memperoleh produk yang baru demikian pula dalam teknik pengerjaan meskipun tidak menggunakan mesin-mesin yang sangat canggih namun diupayakan menghasilkan produk yang inovatif, indah, bersih, halus dan menarik.

Pemasaran produk telah merata di seluruh Indonesia, apalagi saat ini didukung oleh pemasaran secara online melalui website maupun jejaring sosial. Secara rutin GS4 mengikuti pameran baik skala lokal, regional, nasional bahkan beberapa kali internasional. Pesaing sesama perajin kayu cukup banyak, namun GS4 telah memiliki teknik pengerjaan yang khas sehingga sampai saat ini produk kerajinan GS4 mempunyai karakter yang tidak dimiliki oleh perajin lain. Produk GS4 telah diakui sebagai salah satu produk unggulan kota Malang. 

Selama 21 tahun bergelut di bidang kerajinan kayu GS4 sudah mengalami banyak pengalaman yang tidak melulu suka tetapi juga duka akibat tertipu mitra usaha yang hampir membuat usahanya kolaps. Pengalaman dalam mengelola serta pahit manisnya usaha kerajinan menjadikan pak Hery dipilih menjadi ketua Asosiasi Perajin Kota Malang (APKM) dengan harapan para perajin yang lebih junior dapat menimba ilmu dari para perajin senior.

Pada waktu tertentu banyak mahasiswa dan siswa SMA/SMK yang melakukan studi serta magang di workshop GS4, demikian pula para pengusaha yang dikirim khusus oleh pemerintah daerah untuk mendalam produksi dengan bahan baku kayu dalam bentuk kunjugan dan magang. Dari pengalaman mengelola usaha GS4, pak Hery dan bu Retno sering diminta untuk menjadi narasumber dalam pelatihan kewirausahaan dan skill kerajinan kayu di berbagai perguruan tinggi, SLTA, dan umum.

PAMERAN

PROFIL PRODUK GS4 WOODCRAFT
AKSESORI RUMAH

SOUVENIR

PRODUK UNTUK ANAK

Tidak ada komentar: