Sabtu, 26 Oktober 2013

Maharani embroidery handicraft

MAHARANI EMBROIDERY HANDICRAFT

PROFIL PENGUSAHA DAN PERUSAHAAN

Maharani Embroidery Handicraft dimiliki oleh Ibu Dra. Aliefien Primianti, sarjana ekonomi Universitas Brawijaya yang oleh banyak pelanggannya dipanggil mbak Pipin, beralamat di Jl. Watugong 38 Malang. Maharani merupakan usaha kerajinan yang memproduksi  sekaligus memasarkan hasil produksi souvenir dengan bahan dasar kain berwarna lembut yang dibordir komputer dengan motif-motf bunga cerah. Kebanyakan pelanggan pertama kali lihat souvenir Maharani langsung jatuh cinta karena produknya fungsional bukan sekedar pajangan, bahannya halus, warna-warna cerah dan lembut serta hiasan bordir yang sangat serasi menjadikan produk Maharani banyak disukai pelanggan. Awalnya berdirinya Maharani pada tahun 1994 dimulai dari hobi mbak Pipin yang senang menjahit serta membuat pernik-pernik souvenir dari bahan kain. Hasil produksi yang semula kecil-kecilan itu ternyata banyak diminati sehingga pembeli yang kemudian menjadi pelanggan menyarankan untuk memproduksi dalam jumlah besar. Oleh karena itu pemilik Maharani ini punya keinginan yang kuat untuk memajukan usahanya serta mulai banyak belajar tentang souvenir dan mencoba menciptakan souvenir yang sedang diminati (sedang trend), ternyata semakin banyak peminat/konsumen yang menyukai hasil produksi Maharani Souvenir.

Dari waktu ke waktu banyak usaha souvenir serupa yang bermunculan, tentunya ini berpotensi menjadikannya sebagai pesaing. Akan tetapi Maharani sudah mengantisipasi dengan cara banyak menciptakan desain-desain produk yang baru dan tentunya produk yang dihasilkan harus bagus serta terkesan “mewah”. Sehingga Maharani  memiliki Trade Made sendiri berupa souvenir dari bahan kain yang dihiasi dengan bordir komputer dengan motif-motif yang khas, jika suatu saat orang melihat souvenir dengan bentuk dan motif yang khas tersebut akan mengingatkan pada tempat souvenir khas Malang itu dibuat oleh Maharani.Embroidery Handicraft.

Setiap tahun Maharani selalu mengikuti pameran kerajinan terbesar di Indonesia yaitu Inacraft dan pameran-pameran lain yang berskala nasional. Saat ini sudah banyak hasil-hasil produksi souvenir yang  dihasilkan oleh Maharani, antara lain: souvenir pernikahan, tas, kipas, lampu, tudung saji, tempat cermin dan masih banyak lagi. Konsumen terbesar dari perusahaan ini adalah dari kalangan ibu-ibu dan remaja putri terutama yang akan menyelenggarakan hajatan misalnya: pernikahan, serah terima jabatan, parsel, sedangkan hasil produksi sudah dapat dijual ke seluruh Indonesia, pelanggan terbesar berasal dari Surabaya, Jakarta dan Bandung.

Perkembangan produksi yang terus meningkat seiring dengan permintaan pelanggan yang semakin banyak menyebabkan rumah produsi di Jl. Watugong sudah tidak mampu menampung kegiatan produksi, maka sejak tahun 2010 Maharani menambah rumah produksi di Jl. Sudimoro Kota Malang.

Jaringan kerjasama terus dilakukan Maharani, antara lain dengan Dinas Perindag, Dinas Koperasi, ASEPHI Jawa Timur. Sedangkan BUMN yang pernah menjadi bapak angkat adalah PT Angkasa Pura Surabaya

PROFIL PRODUK MAHARANI

 


Tidak ada komentar: