Sabtu, 26 Oktober 2013

Cenderamata Keramik

CENDERAMATA KERAMIK

PROFIL PENGUSAHA DAN PERUSAHAAN


Cenderamata Keramik dimiliki oleh Bapak Syamsul Arifin dan Ibu Sulastri, merupakan usaha dalam bidang produksi sekaligus memasarkan hasil produksi keramik. Awalnya pak Syamsul bekerja di Pabrik Keramik milik Pemda Jawa Timur di Kawasan Dinoyo. CENDERAMATA dimulai ketika pak Syamsul memberanikan diri keluar dari tempat kerjanya dan mendirikan usahanya sendiri dengan modal pinjaman yang diperoleh dari Bank sebesar Rp 5 Juta. Dengan modal tersebut beliau berhasil mendirikan dan mengembangkan usahanya di kawasan industri keramik Dinoyo Malang walaupun dengan alat-alat dan bahan yang masih terbatas, serta desain dan pekerjaanya pun masih beliau kerjakan sendiri beserta keluarganya. Seiring berjalannya waktu, mulai banyak peminat dan pemesan yang senang dan meminati hasil karyanya, sehingga banyak yang mulai memesan. Dari banyaknya konsumen tersebut CENDERAMATA mulai merekrut tenaga kerja baru dari kalangan  luar keluarga.
Meski tidak memiliki pendidikan formal di bidang seni keramik Pak Syamsul mempunyai banyak pengalaman menimba ilmu keramik antara lain di Bandung dan Jepang sehingga dengan bekal itu beliau semakin bersemangat untuk mengembangkan industri keramik Cenderamata. Saat ini “Cenderamata” keramik memiliki 10 orang pekerja termasuk Bapak Syamsul sendiri yang masih menyempatkan diri untuk melakukan pekerjaan yang tidak mampu dilakukan oleh pekerja. Dalam rangka pengrekrutan tenaga kerja untuk usahanya beliau mencari orang-orang yang sesuai di bidang yang beliau perlukan dalam usaha keramik. Beliau tinggal mengarahkan mereka agar sesuai dengan kriteria desain produknya.
Dengan perjalanan waktu, banyak usaha keramik serupa yang bermunculan. Hal ini tentunya membuat persaingan sangat berat. Akan tetapi Cenderamata Keramik mengantisipasinya dengan menciptakan desain produk yang berbeda dengan produk lainnya yaitu desain produk yang mengandung unsur “ Natural Produk “ yang menghasilkan produk yang bagus serta terkesan “mewah“ namun masih bersifat natural. Akhirnya Cenderamata Keramik memiliki ciri khas berupa bunga motif seruni sehingga pelanggan sudah mengenal bahwa keramik dengan motif bunga sruni dan berkesan “ Natural Produk “ akan mengingatkan bahwa produk itu dibuat dan diciptakan oleh Cenderamata keramik.
Saat ini banyak sekali hasil produksi dari Cenderamata Keramik. Mulai dari tempat tusuk gigi, gelas, mug, produk aroma terapi, produk untuk interior rumah, serta aksesoris lainnya. Untuk pemasarannya sudah mencapai berbagai kota besar di Indonesia, antara lain: Jakarta, Bandung, Surabaya, Denpasar, bahkan beberapa pelanggan mengirim produk Cnderamata hingga ke Korea dan Jepang. Prosentase produk yang dijual ke luar kota Malang 60% sedangkan yang di jual dalam kota 40%. Pameran-pameran telah diikuti oleh Cenderamata Keramik untuk memperluas jaringan pasar baik di tingkat lokal Malang, regional Jawa Timur, Nasional, bahkan pernah mengikuti pameran internasional di Perth Australia.

Dalam pengembangan industri keramik, Pak Syamsul dipercaya menjadi Ketua Paguyuban Perajin dan Pedagang Keramik Dinoyo dan mengembangkan Kampung Wisata Keramik Dinoyo yang sekarang menjadi salah satu Ikon Wisata Industri Keramik di Kota Malang.

PROFIL PRODUK CENDERAMATA KERAMIK




Tidak ada komentar: