Jumat, 25 Oktober 2013

Profil Asosiasi Perajin Kota Malang

PROFIL  ASOSIASI PERAJIN KOTA MALANG
Asosiasi Perajin Kota Malang (APKM) merupakan perkumpulan para produsen kerajinan yang berkedudukan di Kota Malang. APKM dibentuk pada tahun 2003 oleh beberapa perajin yang menginginkan adanya wadah komunikasi, saling tukar informasi dan tempat berkumpul para perajin sehingga secara bersama-sama dapat memajukan usaha bersama. Asosiasi perupakan perkumpulan yang anggotanya terbuka bagi perajin produsen namun tidak menerima anggota yang bukan produsen (pedagang kerajinan).
Dalam perkembangannya telah banyak dilakukan kegiatan yang melibatkan para anggota APKM, antara lain kegiatan pameran: Gebyar Produk Kerajinan Kota Malang oleh APKM (di Dieng Plaza dan Plasa Araya), Kreanita (perajin wanita) bekerjasama dengan IWAPI Malang, Pameran Produk Khas Malang bekerjasama dengan Rotary Club Malang, pameran kerjasama dengan UNMER, Disperindag, Dinas Koperasi, KADIN Kota Malang. Beberapa pameran lokal, nasional, dan internasional melibatkan APKM dalam pemilihan anggota perajin berpotensi antara lain: Pameran di Malang (Olimpic Garden, Matos), di Jakarta (Inacraft), di Kuala Lumpur (Homedec dan Inacraft Lifestyle) serta pameran-pameran di Mataram NTB, Padang, Palangkaraya, Makassar, dan lain-lain. Gelar produk rutin diakukan oleh 10 anggota APKM di Pasar Wisata Tugu Kota Malang setiap hari minggu pagi.
Kegiatan pembinaan oleh Pemerintah Kota Malang, Provinsi dan Pemerintah Pusat juga melibatkan APKM dalam merekomendasikan anggota, antara lain dalam acara: seminar kewirausahaan, ekspor, HAKI, persaingan usaha, dan lain-lain. Pertemuan anggota APKM dilaksanakan setiap bulan sekali mengambil tempat secara bergiliran di kediaman anggota APKM.

Dari masa ke masa APKM semakin berkembang seiring dengan masuknya para anggota baru yang relatif lebih energik, bersemangat, serta menguasai teknologi informasi sehingga selalu terjadi transfer pengetahuan dan pengalaman diantara anggota APKM. 
Pameran oleh APKM di Plasa Araya


Tidak ada komentar: